margakahiyang2

MEDAN: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar memberi nasehat kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang yang diberi marga Siregar.
Penabalan marga dilakukan melalui sidang adat di kediaman paman Muhammad Bobby Afif Nasution, Doli Sinomba Siregar di Jalan STM Ujung Medan, Selasa (21/11/2017).
Seluruh raja-raja yang hadir di sidang adat, khususnya keluarga besar Bapak Almarhum Erwin Nasution, dalam kesempatan ini kami juga merasa senang dan bangga atas kehadiran raja-raja yang hadir dari berbagai daerah, termasuk mora, kahanggi dan anak boru, ujar Erry yang diminta menyampaikan sambutan dalam sidang adat tersebut sebagai tokoh bergelar Patuan Raja Parlindungan Siregar.
Sebelum Kahiyang Ayu dinobatkan sebagai Boru Siregar oleh raja adat dari marga tersebut, Tengku Erry pun menyampaikan bahwa dirinya sebagai putra Sumatera Utara yang dianggap bagian dari keluarga besar Siregar, turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung Siregar dapat merestui Putri Presiden RI Joko Widodo itu memakai marga Siregar.
Tentunya kami dari Raja Sipirok turut menyaksikan dan mendukung agar Raja Panusunan Bulung dapat merestui dengan setulus hati. Kami juga berharap setelah penabalan marga Siregar ini, putri kami Kahiyang Ayu dapat menjiwai sebagai Boru Regar (Siregar) dan mudah-mudahan juga akan mencintai Sumatera Utara dan kita semuanya, ujar Tengku Erry.
Erry pun mendoakan agar pasangan Bobby-Kahiyang menjadi keluarga yang rukun. Semoga kerukunan senantiasa terbina antara pasangan pengantin dengan seluruh keluarga, saudara, sahabat dan masyarakat. Tentunya menjadi keluarga sakinah, mawaddah dan warohmah sebagai pasangan yang diridhoi Allah SWT. Apalagi saat ini, Kahiyang menjadi bagian dari keluarga besar warga Sumatera Utara, sehingga merupakan satu hal yang membanggakan, ucap Erry.
Selain Erry, sejumlah raja-raja yang mewakili berbagai marga seperti Hasibuan, Harahap, Dalimunthe, Nasution, Rangkuti, Siregar dan lainnya juga menyampaikan hal senada. Pada intinya, mereka tidak keberatan dan mendukung pemberian marga Siregar kepada Kahiyang Ayu di kediaman Doli Sinomba Siregar yang merupakan paman atau tulang dalam panggilan adat Mandailing, yakni kakak kandung Ibu dari Muhammad Bobby Afif Nasution.
Kami sampaikan kepada Raja Panusunan Bulung, agar Bapak Joko Widodo juga diberikan Marga Siregar karena wajar dan otomatis ayahanda Kahiyang diberikan Siregar walaupun saat ini beliau tidak hadir. Karena itu biasa kita lakukan, sepanjang adat. Saya atas nama marga Harahap mengusulkan agar Kahiyang dan Bapak Joko Widodo diberikan marga Siregar, ucap Chairuman Harahap mewakili marganya.
Kahiyang Ayu Siregar alam kesempatan itu tak lupa bersyukur dan mengucapkan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Siregar dan raja-raja adat. “Semoga saya bisa mengamalkan apa yang disampaikan para raja-raja. Semoga kami bisa jadi keluarga sakinah, mawaddah dan warrahmah dan semoga saya dapat amalkan marga ini,” ujarnya.
Turut hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution ikut hadir saat sidang adat pemeberian marga kepada Kahiyang Ayu. Dirinya pun duduk mendampingi Bobby sebagai perwakilan keluarga bersama Erwan Nasution, yang merupakan adik kandung almarhum ayahanda Bobby Nasution.
Jadi karena ibunya Bobby itu boru Siregar, jadi keluarga Nasution datang ke rumah Siregar minta supaya diberi marga Siregar kepada Kahiyang. Mudah-mudahan membawa berkah dan membawa kehormatan. Tugas Bobby, ajarilah adat kepada istrimu, sebut Darmin.
Usai dinobatkan bermarga Siregar, Kahiyang Ayu pun diarak menuju halaman rumah untuk dilakukan prosesi adat upah-upah dengan tari tor-tor persembahan oleh raja-raja adat Mandailing termasuk Raja Panusunan Bulung Siregar. Selanjutnya kedua pasangan suami istri itu, diantar menuju kendaraan untuk dilepas menuju kediaman marga Nasution disaksikan ratusan undangan dan warga sekitar yang antusias hadir sejak pagi hingga siang hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =