detikdetik1

MEDAN: Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (17/08/2017) berlangsung khidmat. Gubernur Sumatera Utara bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).
Usai memanjatkan doa, naskah Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman. Anggota Paskibraka yang diamanahkan untuk mengibarkan bendara Merah Putih menjalankan tugas dengan baik dan lancar.
Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry membuka baki dan menyerahkan Sang Saka Merah Putih kepada Miza Salsabila, siswi SMAN 1 Kuala, Kabupaten Langkat untuk dikibarkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Komandan Paskibraka, Octavianus Dimas Surya Putra asal SMAN 1 Kota Binjai. Sedangkan tiga anggota Paskibraka pengibar bendera masing-masing Muhammad Ikhsan Fadly merupakan siswa SMAN 1 Batang Onang, Padang Lawas Utara, Raden Ahmad Wisanto siswa SMAN 1 Hinai, Langkat dan Caesar Dewa Morgan Silalahi siswa SMAN Plus Evarina, Simalungun.
Dalam pidatonya, Gubsu Erry Gubernur Sumatera Utara menilai hari ulang tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia sebagai momentum yang efektif untuk meningkatkan pembangunan masyarakat Sumatera Utara melalui semangat kebersamaan. Hal ini sesuai dengan tema Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI Indonesia Kerja Bersama.
Tema ini tidak boleh hanya menjadi slogan semata. Melainkan harus sungguh-sungguh dilaksanakan dengan cara kebersamaan dan gotong royong dalam pembangunan Indonesia, tandas Erry.
Dikatakan Erry, Presiden RI Joko Widodo telah menegaskan bahwa peringatan 72 tahun kemerdekaan adalah sebuah pengingat dan penanda bagi bangsa Indonesia untuk kembali bersama-sama dalam perbedaan dalam semangat kebersamaan dan melanjutkan perjuangan menjadi bangsa yang terhormat. Semangat ini untuk merangkul dan mengedepankan asa kebersamaan. Kebersamaan dalam bekerja membangun bangsa Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.
Semangat Proklamasi Indonesia yang dikumandangkan oleh sang Proklamator Soekarno/Hatta harus mampu menjadi daya pengungkit dan daya dorong yang tangguh bagi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam keikutsertaannya membangun bangsa ini,ujar Erry lagi.
Sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat, lanjut Erry adalah tugas bersama untuk mempertahankan kemerdekaan dalam persatuan dan kesatuan bangsa dengan terus membangun di semua bidang agar terwujudnya cita-cita kemerdekaan yaitu bangsa yang merdeka, bersatu, adil dan makmur.
Lebih lanjut dikatakan Erry, esensi penting dalam penyelenggaraan pemerintahan adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat. Selain itu tuntutan terhadap kebutuhan rasa aman, tentram dan damai dalam kehidupan masyarakat menjadi kebutuhan dasar penting.
Oleh sebab itu situasi dan kondisi masyarakat Sumut yang selama ini kondusif, rukun dan damai dengan sikap keterbukaan, kesetaraan, saling menghormati dan gotong royong harus terus dapat dipertahankan dan ditingkat.
Demikian juga dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Sumut harus menjadi prioritas penting dalam pembangunan. Demikian halnya meningkatkan taraf perekonomian masyarakat. Menurunnya angka kemiskinan, ketersediaan lapangan kerja, meningkatnya indeks pembangunan manusia, mengingkatnya indeks kebahagian dan meningkatnya angka harapan hidup harus dapat diwujudkan dengan baik.
Berkenaan dengan itu, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa, keterlibatan proses pembangunan yang harmonis antara pemerintah dan masyarakat umum, masyarakat dunia usaha harus kita tingkatkan. Saya berharap kepada pemerintah daerah, dunia usaha dan semua komponen masyarakat agar menciptakan suasana kondusif dengan meningkatkan koordinasi, komunikasi, sinkronisasi dan sinerjisitas yang lebih intensif,ujar Erry.
Dalam kesempatan itu Erry juga mengajak untuk bersama-sama meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, toleransi, dan saling hormat menghormati sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
Kepada generasi muda, Erry mengingatkan agar menjauhi bahaya penyalahgunaan narkoba dengan meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan dan agama. Erry juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada para pahlawan kemerdekaan beserta keluarganya yang telah berjuang tanpa pamrih demi kemerdekaan NKRI. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan imbalan pahala dunia dan akhirat.
Kita dapat meneladani dan melanjutkan perjuangannya untuk mengisi kemerdekaan dan membangun di semua bidang kehidupan yang lebih baik. Semoga Tuhan melimpah rahmatnya, karunia dan ridhoNya kepada kita semua dalam membangun bangsa yang besar, maju, demokratis, berkeadilan dan bermartabat, demikian Erry.
Hadir dalam peringatan detik-detik Proklamasi tersebut, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, Kajati Sumut Bambang Sugeng Roekmono, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Dedi Iskandar Batubara, Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Ketua PKK Sumut Evi Diana Br Sitorus, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Pangkosek Hanudnas III Medan, Kepala BNNP Sumut, Danlantamal I Belawan, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut, Kajari Medan, sejumlah anggota DPRD Sumut dan Medan, FKPD Sumut dan Medan, SKPD Sumut dan Medan, prajurit TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, pemuda, ulama, tokoh, para veteran serta ribuan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + twelve =