saminten3

PEMATANG SIANTAR: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi resmi meluncurkan Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) Sabtu Minggu Paten (Saminten), di Lapangan Haji Adam Malik, Kota Pematang Siantar, Sabtu (4/11/2017).
Peresmian Samsat Saminten itu ditandai dengan penekanan bel oleh Gubsu Tengku Erry Nuradi. “Ini merupakan terobosan baru. Diharapkan 8 kota dan ibukota kabupaten yang cukup padat yang ada di Sumatera Utara dapat melakukan program ini,” ucap Erry.
Hadir disitu, Wali Kota Pematang Siantar Hefriansyah, anggota DPR RI HM Ali Umri, Kapolres Siantar AKBP Doddy Hermawan, Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan, Dir Lalulintas yang diwakili Kasubdid Regident Ditlantas Polda Sumut, Ketua PN Siantar, Ketua DPRD Siantar, tokoh masyarakat dan bapak/ibu unsur FKPD Siantar, Kepala PT Jasa Raharja (persero) Cabang Sumut dan jajaran.
Dikesempatan itu Gubsu Erry juga meminta agar seluruh jajaran yang terlibat dalam penyelenggaraan dalam tugas-tugas kesamsatan mulai dari tingkat pusat sampai tingkat jajaran kewilayahan harus terus berkomunikasi dan berkordinasi baik secara formal maupun informal dan hal lain yang tidak boleh ditinggalkan adalah aspek pengawasan dan evaluasi sehingga apa-apa yang telah kita laksanakan dapat berjalan sesuai dengan rencana.
“Pembina Samsat Pemprov Sumut diharapkan terus melakukan pengembangan Samsat Saminten, diwilayah lainnya, khususnya diperkotaan kita harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat tanpa mengganggu jam kerja,” ujar Erry.
Samsat Saminten ini guna peningkatan kualitas pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) serta Regestrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor dan pengesahan STNK Tahunan.
Pengoperasian Samsat Saminten ini adalah merupakan program kerja tim pembina Samsat Provinsi Sumut dan tim Samsat Siantar, diselaraskan dengan rencana strategis Pemprov Sumut, dibidang peningkatan pelayanan kualitas publik.
Samsat Saminten merupakan pelayanan pembayaran PKB dan SWDKLLJ, serta Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pengesahan STNK tahunan, dengan menggunakan bus Samsat Keliling yang dioprasikan di tempat-tempat strategis.
“Launcing Samsat Saminten ini diharapkan bukan hanya merupakan Gebyar sesaat ini saja, akan tetapi harus terus dikembangkan serta diperluas kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya di Siantar dan Sumatera Utara umumnya, karena tidak menutup kemungkinan wajib pajak selaku pemilik kendaraan bermotor yang sedang melintas dikota ini pada Sabtu malam dan Minggu pagi dapat melaksanakan kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor,” ucap Erry.
Pada kesempatan tersebut Gubsu Erry mengapresiasi tim pembina Samsat Sumut yang senantiasa mendorong upaya- upaya perbaikan dalam manejemen pemerintahan khususnya dibidang pelayanan publik dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumut. Saya ucapkan selamat berkarya dan berinovasi, kiranya apa yang kita perbuat dapat bermanfaat bagi masyarakat, kata Tengku Erry.
Sebelumnya, Kepala Dinas Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Provsu Sarmadan Hasibuan mengatakan bahwa pengoperasian Samsat Saminten merupakan wujud nyata dari kepedulian pemerintah dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat sehingga masyarakat benar-benar merasakan kehadiran pemerintah dalam kehidupan sehari-hari. “Samsat Saminten menyesuaikan jam pelayanan aktifitas sehari-hari masyarakat Kota Pematang Siantar, ujar Sarmadan.
Pengoperasian Samsat Saminten di UPT Pematang Siantar ini lanjutnya merupakan rintisan awal dan secara bertahap sesuai dengan perkembangannya akan dikembangkan pada daerah-daerah lainnya, khususnya perkotaan di Provinsi Sumatera Utara.
Selain itu pengoperasian samsat ini natinya diharapkan masyarakat akan termotivasi melakukan kewajibannya dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor. Karena pembayaran telah dapat dilaksanakan diluar jam kerja dan jam-jam produktif sambil berwisata kuliner di malam Minggu maupun sambil berolahraga di pagi hari Minggu, masyarakat dapat melaksanakan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor.
“Tentunya akan menambah PAD guna mendorong percepatan pembangunan di Sumatera Utara,” kata Sarmadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three + sixteen =