pomnas2

MEDAN: Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi melepas kontingen Sumut untuk mengikuti Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) di Makasar pada 14-21 Oktober 2017 mendatang. Pelepasan kontingen ini di lakukan di Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman No 41 Medan, Sabtu (07/10/2017).
Hadir diantaranya Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (BAPOMI) Isa Indrawan, dan Kadispora Provsu Baharuddin Siagian.
Tengku Erry dalam kesempatan itu menegaskan agar perlunya menggelorakan semangat untuk memajukan olahraga. Hal ini harus dilakukan agar prestasi Sumut dibidang olahraga semakin baik lagi ke depan. Sebagai provinsi terbesar ke empat dari 34 provinsi yang ada, sudah sepantasnya Sumut berada diperingkat keempat di berbagai bidang termasuk olahraga.
“Kalau melihat populasi Sumut sangat wajar kita berada diperingkat empat. Paling tidak peringkat limalah, karena ada Jakarta walaupun jumlah penduduknya lebih kecil tapi merupakan ibu kota negara. Makanya semangat memajukan olahraga ini harus terus digelorakan,” ucap Erry.
Untuk mengangkat prestasi olahraga, Pemprov Sumut telah menggalakan kegiatan-kegiatan olahraga memperebutkan Piala Gubsu untuk merangsang lahirnya atlet-atlet handal. Setidaknya untuk olahraga pelajar ada 25 cabang olahraga yang digelar Kejuaraan Daerah (Kejurda). Sedangkan untuk olahraga prestasi ada 16 cabang olahraga yang diprogramkan KONI Sumut.
“Dengan even ini diharapkan para atlet bergairah dan memunculkan atlet baru berprestasi. Kalau kegiatan ini terus bergulir terus kita yakin bahwa olahraga kita di Sumut akan terus bangkit. Apalagi ditambah perhatian pemerintah berupa bonus kepada atlet berprestasi,” tutur Erry.
Selain itu untuk membangkitkan semangat olahraga adalah dengan menjadi tuan rumah even-even nasional. Hal ini jugalah yang mendorong Pemprov Sumut memperjuangkan Sumut sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON).
“Makanya saya intruksikan KONI dan Disporasu untuk terus memperjuangkan agar kita bisa menjadi tuan rumah bersama dengan Aceh pasca PON di 2020 di Papua. Alhamduillah sampai saat ini sudah ada 17 Provinsi yang mendukung kita jadi tuan rumah. Dengan menjadi tuan rumah PON tentunya akan semakin banyak pembangunan-pembangunan sarana olahraga termasuk lapangan sepakbola yang lebih baik dari Teladan,” kata Erry.
Dalam kesempatan tersebut Tengku Erry juga memotivasi para atlet POMNas agar menjaga nama baik Sumut dan juga meraih prestasi di Makassar nanti. Para atlet mahasiswa ini harus mampu mengukir prestasi seperti halnya yang dilakukan para atlet Disabilitas Sumut di ajang nasional maupun internasional.
“Di ajang nasional atlet disabilitas kita masuk tiga besar. Begitu juga di ajang Asean Para Games di Malaysia kemarin, atlet kita masuk tiga besar penyumbang mendali untuk kontingen Indonesia. Oleh karenanya pemberian bonus tahun lalu mereka lebih banyak karena prestasi mereka. Untuk itu raihlah prestasi di ajang POMNas nanti,” tandas Erry.
Sementara itu Ketua BAPOMI Sumut Isa Indrawan optimis kontingen Sumut akan berjuang maksimal untuk mengukir berprestasi pada POMNas XV. Sikap optimis ini dikatakan Isa melihat perhatian Pemprov Sumut khususnya Gubernur Tengku Erry Nuradi kepada olahraga di Sumut.
“Ini catatan sejarah dan bagai mimpi kontingen POMNas Sumut dilepas keberangkatannya oleh Gubsu. Insyaallah predikat terbaik diluar Pulau Jawa akan kita raih,”ujar Isa sembari mengatakan kontingen Sumut terdiri dari 125 orang terdiri atlet, pelatih dan offisial.
Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis mengaku bangga Kontingen POMNAS Sumut dilepas Gubsu Erry. John Ismadi pun berharap para atlet mahasiswa bisa berkontribusi positif dengan membawa pulang prestasi untuk Sumut.
“Melihat semangat dan kepedulian yang ditunjukan Pak Gubernur terhadap olahraga maka sangat wajar Gubernur kita mendapat penghargaan dari Menpora di Harhonas kemarin. Kepada atlet raihlah prestasi karena ajang ini juga dalam rangka persiapan PON. Karena ada diantara para atlet yang masuk kedalam Program Atlet Sumut Emas 2017,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + eight =