DSC_6809

MEDAN : Gubsu Dr Ir H T Erry Nuradi MSi diwakili Kadis Koperasi dan UKM Provsu M Zein menghadiri Tasyakur Milad 1 Tahun Ikatan Pengusahan Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut dan membuka Rakerwil IPEMI Sumut, Senin (23/10/2017), di Raz Plaza Medan.

Dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Koperasi dan UKM Provsu M Zein mengatakan Lembaga IPEMI Sumut dapat menjadi pintu masuk bagi pengusaha muslimah dan calon pengusaha memiliki talenta, penguatan jaringan serta pemasaran.

Selain menjadi pintu masuk, IPEMI bisa meneteskan jejaring usaha hingga kalangan menengah dan bawah agar menjadi lebih kuat, yang dibekali berbagai kreasi dan inovasi, ujar Gubsu.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua TP PKK Provsu Hj Evi Diana, Ketua IPEMI Sumut Yulidar Bugis, Anggota DPD RI Damayanti, Ibu Dirut Bank Sumut, Kepala Pegadaian Sumut, Pimpinan Bank Indonesia, para ibu Bupati dan walikota se-Sumatera Utara pengurus serta anggota IPEMI Sumut dan kabupaten/kota se Sumatera Utara.

IPEMI, lanjut Gubsu, memiliki peran dan fungsi yang strategis, terutama untuk membantu mengembangkan usaha-usaha para muslimah sehingga dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.

IPEMI diharapkan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penguatan ekonomi para pengusaha muslimah, jamaah, majelis taklim maupun komunitas Islam lainnya, sebut Gubsu.

Pada kesempatan itu, Gubsu juga mengharapkan dengan Milad 1 IPEMI ini dapat memperkuat dan mengembangkan usaha para Muslimah yang sudah ada, membantu muslimah yang ingin menjadi pengusaha dan membantu muslimah yang ingin mendapatkan income untuk keluarga.
Kedepan diharapkan IPEMI mengembangkan dan melakukan inovasi-inovasi yang dapat memperkuat perannya dan senantiasa menjalin jejaring kebersamaan dan melaksanakan langkah konkrit untuk membantu pemerintah sebagai penggerak pembangunan dan tidak berjalan sendiri-sendiri dalam mewujudkan visi serta tujuan ingin dicapai IPEMI, kata Gubsu.

Ketua IPEMI Sumut, Hj Yulidar Bugis SE mengatakan, selama setahun IPEMI Sumut berjuang membangun perekonomian di Sumut. Selain bersilaturahmi, pihak berjuang dalam meningkatkan taraf hidup khususnya muslimah di Sumut.

Saat ini, IPEMI Sumut sudah memiliki Pusat Pelatihan dan Galeri UKM IPEMI Sumut,untuk meningkatkan minat, kualitas dan kuantitas muslimah yang memilih berwirausaha. Tempat pelatihan juga dilengkapi dengan pusat bermain bagi anak sehingga kalangan muslimah tak perlu cemas harus meninggalkan anaknya saat sedang mengikuti materi latihan.

“Saat ini, IPEMI sudah terbentuk sebanyak 34 provinsi di Indonesia. Jadi, jaringan dalam menjual produk unggulannya jadi lebih mudah. Dan untuk di Sumut, sudah 500 anggota bergerak diberbagai bidang. Dengan adanya Ipemi dimana pihaknya ingin membentuk mental usaha muslimah dengan motivator untuk membimbing enterpreneur sesuai dengan kerja ikhlas dan cerdas,” papar Yulidar Bugis.

Dia menerangkan pembentukan kepengurusan IPEMI di daerah-daerah tentu tidak bisa dilepaskan dari jalinan kerjasama yang baik antara IPEMI Sumut dengan berbagai dinas/instansi terkait serta pemerintah daerah setempat. Selain itu dukungan juga berdatangan dari konjen negeri sahabat yang berkedudukan di Medan, lembaga perbankan dan sejumlah institusi swasta lainnya.

“Keberpihakan IPEMI Sumut yang bukan hanya fokus pada pengembangan usaha namun juga pembentukan mental wirausaha lslami dengan segera mendapatkan tempat dan peluang-peluang. Peluang yang paling diharapkan tentu saja untuk menembus pasar nasional dan global, sehingga menguntungkan bagi pemasaran hasil produksi anggota yang bernaung dibawahnya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, beberapa pameran dan bazar, baik yang berskala lokal, nasional maupun internasional tak luput dari perhatian IPEMI Sumut, dengan mengikutsertakan para anggotanya yang berminat dan memiliki produk-produk berkualitas unggulan.

Tercatat di antaranya Dada Indian Bazaar Medan Club, Ina Craft 2017, Penang Halal International and Coference 2017 dan beberapa bazaar serta pameran rutin lainnya.

“Harapan saya dan seluruh pengurus di ulang tahun pertama ini. Insya Allah kedepannya Keluarga ipemi semakin kompak dan solid dalam membangun Ipemi yang lebih maju lagi. Dan kedua, Ipemi Sumut dapat melantik PD di daerah agar lahir Ipemi yang baru supaya dalam menjalan program-program kerja yang diinginkan dapat tercapai,” tambahnya.

Penasehat IPEMI Sumut, Hj Evi Diana Erry Nuradi mengapresiasikan peran dan kontribusi IPEMI yang bekerja di dua level. Satu sisi mendorong agar ekonomi umat berkembang, tapi gairah beragama terus bertumbuh dikalangan umat Islam, dengan peluncuran gerakan nasional muslimah membangun, menyadarkan kembali komitmen muslimah Indonesia untuk berperan nyata dalam aktivitas pembangunan nasional.

Gerakan nasional muslimah membangun diharapkan terus mendorong setiap muslimah Indonesia melakukan upaya pembangunan baik dibidang akhlak dan kepribadian, lingkungan hidup, politik, dan bidang lainnya, harap Evi Diana yang juga Ketua TP PKK Provsu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 4 =